UNIB Raih Juara III Festival Monolog Nasional STUBA 

Liputan Swaraunib| Universitas Bengkulu  kembali mengukir prestasi pada ajang perlombaan tingkat nasional.  Mahasiswa yang tergabung dalam Teater Besurek UNIB berhasil mengukir prestasi, sebagai Juara III pada Festival Monolog Nasional Studi Teater Islam Bandung (STUBA) yang dihelat di Universitas Islam Bandung, 8-9 Oktober 2019.
Pada ajang ini Teater Besurek UNIB menampilkan garapan berjudul “Anak-Anak Kegelapan” yang merupakan naskah drama karya Ratna Sarumpaet yang kemudian diadaptasi oleh alumni Teater Bahtra UNIB, Budi Rahmat, S.Pd.

Tampil sebagai aktris pada pemetasan monolog ini adalah Dwi Utari, mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP UNIB (angkatan 2018). Sebagai sutradara sekaligus penata cahaya/lighting adalah Denis Kurniawan, staf di UPT PKM juga mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP UNIB.
Apalagi, tim ini mendapat support dari Wakil Rektor III UNIB Bidang Kemahasiswaan, Dr. Drs. Syahrial, MA, M.Phil yang menaruh harapan besar agar Teater Besuerk mampu mengangkat citra positif UNIB dan Provinsi Bengkulu umumnya pada kancah keseniaan dan kebudayaan tingkat nasional.

Setelah berlatih maksimal dan memantapkan kekompakan tim, Teater Besurek tampil dengan penuh percaya diri, meskipun harus menghadapi pesaing berat dari kelompok-kelompok teater kampus senior. Para pesaing berat tersebut antara lain Teater Orok Universitas Udayana Bali; Teater Seriboe Djendela Universitas Sanata Dharma Yogyakarta; Teater Titik Universitas Telkom Bandung; Teater Temma 23 STIE INABA Bandung; Teater Terkam FSD Universitas Negeri Makassar; Komunitas Teater Universitas Islam Malang (UNISMA); Teater Gebog UNISMA.

Sebelumnya, masih ada dua kelompok teater hebat lainnya yang masuk 10 besar dan kategori pesaing berat bagi Teater Besurek UNIB, yaitu Teater Langkah Universitas Andalas – Padang dan Teater Pitoelas Universitas 17 Agustus 1945 – Semarang. Namun dua kelompok teater ini mengundurkan diri dengan alasan terkait perizinan dan akomodasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *