Bengkulu Luncurkan Kain Basurek HD

Liputan Swaraunib – Bengkulu, Salah satu warisan budaya Provinsi Bengkulu yang wajib dilestarikan adalah kain atau batik basurek. Batik Besurek adalah batik atau tenunan khas Bengkulu yang memiliki motif kaligrafi Arab. Pada umumnya, batik ini berciri khas kaligrafi arab dengan perpaduan gambar bunga rafflesia sebagai motifnya yang merupakan simbol khas Bengkulu sebagai Bumi Rafflesia.

Batik setiap tahun mengalami perkembangan dan modernisasi untuk mengikuti perkembangan zaman dan trend fashion. Untuk itu, pada hari Minggu (11/11/2018) bertempat di halaman Stadion Semarak, Sawah Lebar, Kota Bengkulu, dilakukan peluncuran motif kain Basurek Harapan dan Doa (HD). Acara ini sebagai rangkaian kegiatan karnaval Batik Kain Basurek ke-5 tahun 2018.

Wakil Walikota Bengkulu, Dedi Wahyudi mengatakan bahwa motif kani basurek Harapan dan Doa ini adalah salah satu kreativitas yang perlu terus dikembangkan dan digali lagi, sehingga kedepan muncul motif-motif yang lainnya.

“Kami mengharapkan dengan motif ini dapat memperkaya khazanah model batik basurek, dan kami harapkan juga dengan kegiatan karnaval ini dapat lebih memperkenalkan batik sebagai identitas bangsa, dan memperkenalkan Bengkulu yang juga memiliki motif batik sendiri,” kata Dedi saat memberikan kata sambutan.

Sementara itu, karnaval Batik kain Basurek sendiri diikuti oleh ribuan peserta. Dimulai dari Simpang Lima ratu Samban menuju Jalan S.Parman, kemudian Jalan jati dan Finish di halaman Stadion Semarak Sawah Lebar. Kegiatan ini berjalan lancar dan antusiasme warga kota Bengkulu terlihat dari padatnya jalan raya yang dilalui peserta karnaval.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *